Horeeeee!

Saya terpilih sebagai salah satu blogger yang disuruh mencoba handphone Coolpad Sky 3.

 

Ini dia Coolpad Sky 3. Cool kan?
Ini dia Coolpad Sky 3. Ini tampilan resminya. Cool kan?

 

Kalau ini Coolpad Sky 3 yang saya terima…

Unboxing Coolpad Sky 3 (1)
Unboxing Coolpad Sky 3 (1)

 

Unboxing Coolpad Sky 3 (2) Ini isinya. Serba putih dan rapi.
Unboxing Coolpad Sky 3 (2)
Ini isinya. Serba putih dan rapi. Padanan yang cantik untuk handphonenya yang berwarna gold.

Setelah sekitar seminggu pemakaian beginilah tampilan Coolpad Sky 3 saya…

Sengaja stiker kacanya nggak saya lepas-lepas biar orang tahu kalau handphone saya baru B-) Akan saya pertahankan semua stiker bawaan pabrik yang menempel di handphone ini sampai ia copot sendiri. Gila... Segitunya ya saya mempertahankan sebuah stiker. Apalagi dalam mempertahankan hubungan ya (eeeaaaak!)
Masih kece kecuali stikernya udah mulai agak ngeletek. Sengaja stiker kacanya nggak saya lepas-lepas biar orang tahu kalau handphone saya baru B-)
Akan saya pertahankan semua stiker bawaan pabrik yang menempel di handphone ini sampai ia copot sendiri.
Gila… Segitunya ya saya mempertahankan sebuah stiker. Apalagi dalam mempertahankan hubungan ya (eeeaaaak!)

Setelah seminggu lebih saling mendalami kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya pun menyatakan kalau saya beneran suka sama handphone yang dibanderol seharga Rp 2,399,000 di pasaran ini. Soalnya ada beberapa hal yang bikin saya jatuh cinta. Antara lain…

  1. Tipis tapi kokoh. Saya kan sekarang emak-emak, ya. Emak-emak itu bawaannya banyak. Handphone tipis itu akan memudahkan dan mengurangi barang bawaan saya. Tinggal selipin ke dalam dompet, bawa deh. Meskipun tipis, tapi begitu megang handphone-nya, saya bisa merasakan kekokohan dari beratnya. Soalnya buat apa juga handphone tipis tapi ringkih. Capek ngejagainnya.
Lebih tipis dari pegangan kuali, ma men. Kok perbandingannya sama pegangan kuali sik? Ya namanya juga emak-emak. Yang ada cuma pegangan kuali, ya udah saya pakai aja. Masa mau saya perbandingkan dengan ketipisan Macbook Air? Saya nggak punya Macbook Air, sih.
Lebih tipis dari pegangan kuali, ma men.
Kok perbandingannya sama pegangan kuali sik?
Ya namanya juga emak-emak. Yang ada cuma pegangan kuali, ya udah saya pakai aja. Masa mau saya perbandingkan dengan ketipisan Macbook Air? Saya nggak punya Macbook Airnya.

2. Banyak fitur yang memudahkan. Waktu saya ubek-ubek handphone asal Tiongkok ini, saya menemukan beberapa fasilitas fitur yang menyenangkan. Semua fitur seru ini bisa ditemukan di Settings->Smart Control. Pilihan yang diberikan antara lain…

-Ketuk dua kali layar untuk unlock. Saya sangat suka fitur ini. Karena selain memudahkan, ini juga sangat baik dalam mengurangi risiko cepat rusaknya tombol samping yang berfungsi sebagai on-off dan lock-unlock.

-Gambarlah huruf ‘C’ di layar sedang mati, maka handphone akan langsung terbuka dan memunculkan halaman untuk menelpon.

-Gambarlah huruf ‘e’ di layar yang sedang mati, maka handphone akan langsung terbuka dan menghubungkan Anda ke halaman browsing.

-O iya, ada fitur floating C-Button juga lho. C-Button ini seperti tombol home yang bisa dipindah-pindahin kayak assistive touch di aifon. Di C-Button ini kita bisa memerintahkan untuk back, home, screenshot, lock, dan mute secara cepat.

-Oiya, kita juga bisa screenshot dengan mudah, cukup dengan menggeser layar ke bawah dengan tiga jari. Cekrek, ke-capture deh.

-Daaaaan yang paling saya suka adalah handphone ini adalah kita bisa merekam semua pembicaraan telpon. Begini caranya…

 

Buka dialer phone. Sentuh tiga titik di kanan atas agar terbuka pilihan call setting.
Buka dialer phone. Sentuh tiga titik di kanan atas agar terbuka pilihan call setting.

 

 

Setelah memilih Call Setting, pilih Auto-recorder settings
Setelah memilih Call Setting, pilih Auto-recorder settings

 

 

Nyalakan Auto-recordernya. Perekam telepon ini bisa dipilih apakah untuk semua telpon masuk, semua telepon dari kontak yang ada di handphone, atau kontak-kontak tertentu saja. Saya suka fitur ini karena memudahkan pekerjaan saya sebagai freelance writer yang suka menelpon narasumber untuk bahan tulisan saya. Saya jadi nggak perlu menulis dan mengingat-ingat ucapan si nararsumber, karena semua percakapan telah terekam. Saya tinggal putar ulang rekamannya, deh.
Nyalakan Auto-recordernya.
Perekam telepon ini bisa dipilih apakah untuk semua telpon masuk, semua telepon dari kontak yang ada di handphone, atau kontak-kontak tertentu saja.
Saya suka fitur ini karena memudahkan pekerjaan saya sebagai freelance writer yang suka menelpon narasumber untuk bahan tulisan saya. Saya jadi nggak perlu menulis dan mengingat-ingat ucapan si nararsumber, karena semua percakapan telah terekam. Saya tinggal putar ulang rekamannya, deh.

Nah di era digital yang menjadi surganya bagi para orang narsis seperti saat ini, pastinya kualitas kamera handphone itu jadi perhatian khusus. Maka dari itu saya tahu kalau Anda pasti jadi pengen tahu kualitas kamera dari handphone yang terdiri dari tiga pilihan warna ini, ya kaaaaaaan? Udah deh ngaku aja kalau Anda memang penasaran. Yaelah sama saya masih kaku aja. Nih saya kasih tahu ya…

Jadi Coolpad Sky 3 ini kamera depan dan belakangnya sama-sama 8 megapixel. Ini contoh foto pakai kamera belakang…

Ini saya lagi mendiamkan Kriby nangis di Puskesmas. Saya kalau anak nangis emang cool begitu. Saya jadi terlihat begitu keibuan ya. (mana keliahatan mukanya. Orang ketutup rambut semua!)
Ini foto saya lagi mendiamkan Kriby nangis di Puskesmas. Dipotret oleh Si Punk Rock yang terpukau oleh kecantikan saya. Saya kalau anak nangis emang cool begitu. #coolforlife gitu. Saya jadi terlihat begitu keibuan ya. (mana kelihatan mukanya. Orang ketutup rambut begitu!)

 

Sedangkan ini foto-foto pakai kamera depannya…

Tes foto duck face pakai kamera depan Coolpad Sky 3. Si Kriby pengen ikutan.
Tes foto duck face pakai kamera depan Coolpad Sky 3. Si Kriby pengen ikutan.

 

 

karena hasilnya bagus, Si Punk Rock jadi pengen ikutan nyoba juga. Jadilah kami foto keluarga gaya duck face. O iya, udah tersedia beberapa filter bawaan dari handphonenya, lho. Ini salah satunya pakai vignette.
Karena hasilnya bagus, Si Punk Rock jadi pengen ikutan nyoba juga. Jadilah kami foto keluarga gaya duck face.
O iya, udah tersedia beberapa filter bawaan dari handphonenya, lho. Ini salah satunya pakai vignette.

 

Ada juga filter yang warna begini...
Ada juga filter yang warna begini…

 

 

Dan ada juga yang black & white begini. Seru ya!
Dan ada juga yang black & white begini.
Seru ya!

 

Lalu saya mencoba kualitas kamera depan untuk video. Begini hasilnya…

Sengaja saya upload ke Youtube. Siapa tahu viewernya banyak sampai ngalahin Awkarin (ahaaay). Video ini saya berasal dari Instagram Stories saya. Karena hasilnya menurut saya lumayan oke, maka saya upload sekalian ke Instagram saya @adistidaramutia.

Nah itulah segala kelebihan Coolpad Sky 3 yang saya suka. Tapi yang namanya hidup, pasti ada kesenangan dan kesedihan. Begitu juga benda dan segala sesuatunya di dunia ini pasti ada kelebihan dan kekurangan. Namun kalau namanya udah jodoh sih pasti kita harus belajar menerima kekurangan pasangan kita. Karena kuncinya keberhasilan hubungan itu terletak dari komunikasi dan toleransi.

Woi, kita nih ngomongin handphone kaleee. Kenapa lu jadi ngasih wejangan kayak milih jodoh gitu sik?

Heh, sini deh saya bilangin. Hare gene tuh milih handphone emang udah kayak milih jodoh tauk. Kalau udah ketemu cowok ganteng dan tajir, tapi nggak sreg di hati pasti hubungan itu nggak akan baik untuk dipaksakan. Sama aja kayak handphone, walau udah secanggih apa pun dan mentereng, tapi kalau nggak kuat untuk bayar cicilannya ya buat apa dibeli.

Eh perumpamaannya sama nggak sih? YANG PENTING INTINYA ADALAH…. setiap handphone itu pasti ada kekurangannya. Sama seperti Coolpad Sky 3 ini sejauh ini, menurut saya  kekurangan untuk handphone sekelas dan setaksiran harga segitu adalah batrenya. Eits, jangan salah, batre Coolpad Sky 3 ini tahan lama sekali lho. Sejauh ini dengan pemakaian seharian, bahkan waktu itu saya pakai untuk dengerin Spotify segala, saya cuma perlu ngecharge sekali doang dalam satu hari. Tapi ngechargenya lama. Bisa sekitar dua jaman. Dua jaman?? Dua era??? Bukan! Bukan! Dua jam-an, maksudnya. Sekitar 120 menit.

Oiya, ada satu lagi deng kekurangannya handphone ini. Yakni kalau handphonenya nyala tapi tidak kita pakai, ia sepertinya langsung masuk ke mode sleep. Alhasil segala notifikasi datangnya agak terlambat. Biasanya notifikasi baru masuk setelah saya unlock, baru deh notifikasi datang bertubi-tubi. Mungkin ini juga kunci kenapa batrenya bisa tahan lama. Karena mode sleep ini tentu saja bisa menghemat banyak pemakaian batre. Dan saya rasa Anda nggak perlu takut ketinggalan segala info dengan lambatnya masuk notifikasi ke handphone ini. Soalnya jaman sekarang mana ada orang yang betah nggak ngecek handphonenya minimal tiap maksimal 15 menit sekali. Ya kan? Kalau Anda bisa menahan diri untuk nggak ngecek handphone lebih lama dari itu, maka itu artinya Anda adalah…

  1. Orang lama alias wong toku
  2. Emak-emak yang sibuk ngurus anak dan nggak terlalu doyan selfie seperti saya
  3.  Orang yang nggak punya handphone

Eh tapi ngechargenya lama juga ya sekitar dua jam.

Iya sih, tapi karena batrenya tahan seharian, maka kita bisa ngecharge handphonenya pada malam hari begitu sampai rumah. Sambil ditinggal mandi, makan, lalu nonton sinetron atau nonton biyokskop terans tifi, eh tahu-tahu udah penuh deh batrenya.

Kalau untuk emak-emak di rumah seperti saya, charge aja handphonenya sambil ditinggal mandiin anak, beberes dapur, nyapu, ngepel, nyuci, jemur, nyetrika, masak, dijamin batre handphonenya udah keisi full. Atau charge aja handphone sambil belajar ngelukis alis sama pakai eye liner, begitu udah dapat alis dan mata kece, dijamin handphonenya udah fully charge. Bahkan bisa-bisa handphonye yang teriak-teriak minta dicabut dari chargeran karena udah mau pingsan kebosanan nungguin majikannya pakai alis.

Kesimpulan atas segala cerita saya di atas adalah handphone yang memiliki RAM 2GB ini layak jadi pilihan, soalnya performanya oke, batre tahan lama, fitur uniknya lumayan banyak, dan harganya nggak selangit. Saya tahu bahwa selama ini kita sering memandang sebelah mata segala produk elektronik asal negera tersebut. Soalnya selain namanya tidak familiar harganya yang miring juga membuat kita ragu. Tapi setelah memakai handphone yang internal storagenya 16 GB ini, saya jadi sadar bahwa nggak semua produk asal Tiongkok patut dipandang sebelah mata. Buktinya Coolpad ini oke, kok. Dan banyak produk elektronik merk Eropa dan Amerika itu sekarang pabriknya di Tiongkok, lho. Jadi ya itu membuktikan kalau memang teknologi Tiongkok memang udah lumayan mengejar teknologi barat.

Saya sekarang mengerti kenapa mantan saya Chico Jericho waktu itu hubungin saya mohon-mohon minta balikan untuk mencoba pakai handphone yang satu ini. Rupanya dia masih sayang dan nggak bisa hidup apa lagi konsentrasi kerja   ingin mengikutsertakan saya jadi salah satu orang cool di Indonesia. Terima kasih #coolpadIndonesia #Coolpadsky3 ! Let’s make and share new memories ^_^

 

10 tanggapan untuk “Coolpad, Handphone Untuk Orang Cool”

  1. Ucig Avatar

    Huooo kaya milih jodoh benerr yaa mbaa.. Tipis yaa…awas nyemplung ke kuali 😀
    hehee salam kenal yaa mba

    1. Krilianeh Avatar

      Yoi, milih handphone harus sreg di hati. Salam kenal jg ya mba 😉

  2. Levina Avatar

    Wah mau juga kalau disuruh test pake handphone benerannya..xixixi. #dikeplak
    Hmmm, makin banyak aja Hp baru yang berkeliaran. Tambah mumet mau milih yang mana. Hahaha.

    1. Krilianeh Avatar

      Betul! Memang makin banyak merk handphone baru yang masuk Indonesia. Mudah-mudahan dengan baca review ini bisa mengurangi kebingungan ya ^_^

  3. rita dewi Avatar

    Sukaa.. warna gold cantiknya😄 jadi pengen belii….😃

    1. Krilianeh Avatar

      Iyaaaa bagus ya goldnya. Saya juga senang bgt liat warna ini

  4. Aroel Avatar

    Gue suka cerita nya, Smua nya Conflict dan Bagus, Saya Aroelmaheza Promotor Coolpad Indonesia, do,a in kamu untuk jadi pemenang nyaa, salam yaa dengan keluarga nyaa,

    1. Krilianeh Avatar

      Amiiieeen! Terima kasih banyak mas Aroel! Semoga dirimu dapat uang kaget 100juta rupiah, fuuuuuh *komat-kamit baca mantra*

  5. ratna Avatar
    ratna

    mbk cara nya merekam hp misale hbs di liad orang gmn? yg kyk cctv..kmrn dikasih tau lupa

    1. Krilianeh Avatar

      Ha? Maksudnya gimana ya? Aku malah baru tahu kalau bisa sampai begitu

Comment

Krilianeh

A weirdo who managed the society to accept her for what she is.
A sushi freak.
Love to blog and tweet n’import quoi.
Often found as a girl who reads down in the middle of the crowd.
Enjoys meeting new people and listening to their life story.
Secretly like to think the unthinkable then depressed herself 😀
LOVE TO WATCH MOVIES AND REVIEW THEM (Yes, caps lock is needed)
On her 29th birthday, she got married to a very nice punk rock guy, whom often she called ‘Si Punk Rock’. ❤
A year later, she gave birth to a lovely daughter that later she called ‘Kriby’.
Then 9 years later Kriby got a sister that we called ‘Baby B’.

Let’s connect