365 Tulisan 2014 #68: Review: The Cuckoo’s Calling

Category: Books

Author: Robert Galbraith

Rate: 4 out 5

Oke gw ngaku, gw baca buku ini karena yang nulis J.K. Rowling. Iya, Robert Galbraith itu nama samaran J.K. Rowling. Gw tahu soal ini juga belakangan, lebih tepatnya setelah kehebohan buku ini terbit di Gramedia dan dibuat beberapa campaign-nya mereda. Eh gw akhirnya tahu pengarang asli buku ini dari mana ya? Lupa gw… (maklum ibu hamil emang sering lupa :-D)

Buku ini menceritakan tentang seorang detektif partikelir bernama Cormoran Strike. Bisnisnya sedang mandek, ia baru putus dengan pacarnya sampai terpaksa tinggal di kantor. Sampailah pada suatu hari ia diminta untuk menyelidiki kematian seorang supermodel bernama Lula Landry. Bebeberapa waktu yang lalu, Lula ditemukan tewas akibat jatuh dari balkon apartemennya. Polisi menyimpulkan bahwa Lula bunuh diri. Tapi abangnya Lula yakin bahwa adiknya dibunuh.

Salut gw sama J.K.Rowling. Sejauh ini gw udah baca semua buku karangan J.K.Rowling, tapi gaya penulisan di buku ini beda banget. Wajar kalau buku ini sampai pernah ditolak oleh sebuah penerbit karena dia nggak tahu yang nulis adalah J.K.Rowling.

Apakah itu artinya letak kerennya buku ini hanya di sang penulisnya yaitu J.K.Rowling? Nggak juga sih. Buku ini diramu dengan pas khas novel detektif sehingga kita tetap penasaran dengan siapa pembunuhnya sampai di akhir buku.

Satu-satunya yang dapat mencirikan bahwa buku ini ‘yang nulis J.K.Rowling banget’ adalah deskripsinya akan sosok manusia. Seperti biasa kita bisa memvisualisasikan dengan jelas tiap-tiap tokoh yang ada di buku ini.

 

Quote yang paling gw suka dari buku ini:

“Yang bikin kelpek-klepek adalah lagak pujangga-teraniaya itu, omong kosong luka-batin, gaya genius-yang-tersiksa itu. …” (hal. 296)

Gw suka quote ini karena kalimat ini menjelaskan dengan tepat alasan kenapa perempuan suka dengan cowok-cowok brengsek yang nggak guna. Kalimat ini mengungkapkan ‘naluri keibuan’ perempuan yang selalu ingin menjadi pahlawan untuk mengubah lelaki brengsek jadi lebih baik.

 

Iklan

Bagaimana menurut Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s