Pengorbanan

(Repost dari blog yang lama: 5 Agustus 2008)

Lagi baca buku Mitch Albom yang The Five People You Meet In Heaven. Di situ menceritakan orang kedua yang ia temui di alam baka mengajarkan ia tentang pengorbanan…

“Kau belum mengerti. pengorbanan adalah bagian dari kehidupan. Harusnya begitu. Bukan sesuatu untuk disesali. Tapi sesuatu untuk didambakan. Peengorbanan kecil. Pengorbanan besar. Seorang ibu bekerja keras agar anaknya bisa sekolah. Seorang anak perempuan pindah rumah untuk merawat ayahnya yang sakit.”

Itu kutipan yang gw ambil dari buku itu. Abis baca itu gw tiduran di kosan terus mikir apa pengorbanan yang udah gw perbuat di hidup gw? Gw mikir lamaaaaaaaa banget. Tapi ampe sekarang gw ga bisa nemuin. Bisa jadi gw emang ga pernah melakukan pengorbanan, bisa jadi juga karena semua hal yg gw lakuin itu dengan ikhlas makanya gw ga pernah kepikiran itu sebagai pengorbanan. Yah, ada sih yg dulu gw pikir itu pengorbanan yg gw lakukan, yaitu mengurangi jatah bermain gw dgn bantuin orang di rumah. Jadi begitu pulang sekolah, gw harus pulang dan bantuin nyokap masak, beresin dapur, dll. Dulu gw sebel banget ngelakuin itu semua. Tapi sekarang gw ngerasain banget manfaat dari bisa ngerjain kerjaan rumah. Jadi bisa ga ya itu dibilang pengorbanan klo gw bisa menikmati semua manfaatnya sekarang?

Umur gw 23 tahun dan gw belum ngerasa pernah melakukan pengorbanan yg besar dalam hidup gw. Apakah itu artinya tanpa sadar gw udah jadi orang yang paling berbahagia di dunia?

 

Setelah dibaca lagi sekarang:

-Umur gw sekarang 27 tahun. Gw udah merasakan beberapa pengorbanan untuk orang-orang yang gw sayang, yaitu keluarga gw. Tapi gw nggak mau hitung. Biar pengorbanan itu jadi sebuah keikhlasan.

Iklan

Bagaimana menurut Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s